PENERAPAN SISTEM INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN



NAMA           : NI LUH SONIA PUTRI ADELISA
NIM               : 16101406
KELAS           : N

PENERAPAN SISTEM INFORMASI DI BIDANG PENDIDIKAN


1. Tujuan Penerapan Sistem Informasi Dalam Bidang Pendidikan
 Tujuan dari penerapan sistem informasi dalam bidang pendidikan ini yaitu secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan Sekolah/Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas pelayanan, daya saing dan kualitas SDM yang dihasilkannya.Tujuan lain dari penerapan Sistem Informasi Pendidikan sebagai berikut:
1.       a. Membantu seluruh bagian yang berperan di dunia pendidikan dengan memberikan
informasi yang menyeluruh tentang pendidikan dari tingkat sekolah dasar hingga
sekolah menengah umum atau yang setara dengannya

      b.Memberikan sarana agar seluruh bagian yang berperan dalam dunia pendidikan yang ada di propinsi / kota kabupaten dapat berperan aktif dalam usaha memajukan  pendidikan.
3.  c. Pertanggungjawaban publik yaitu dengan memberikan informasi secara trasparan tentang kebijakan dan pemakaian sumber daya yang dialokasikan untuk dunia pendidikan.
4.  d. Meningkatkan pengetahuan guru dan murid tentang dunia informatika serta manfaat yang dapat diambil melalui beberapa pelatihan.
5.  e. Memberikan akses informasi yang mudah dan lengkap bagi pendidik dan siswa mengenai ilmu pengetahuan dan informasi pendidikan lainnya.
      2. Bentuk Data Yang Diolah Sistem Informasi Dalam Bidang Pendidikan
          Bentuk data yang diolah dalam bidang pendidikan dapat di kelompokkan menjadi dua yaitu :
a.      Data Statis
      Data statis adalah jenis data yang pada umumnya tidak berubah atau jarang berubah, misalnya identitas nama (orang, organisasi, atau tempat), kode-kode nomor (nomor: kartu penduduk, rekening, pegawai/kayawan, siswa/peserta didik, asuransi, kartu kredit, nomor telepon, dan sebagainya), dan alamat.
b.       Data Dinamis
     Data dinamis adalah jenis data yang selalu berubah baik dalam frekuensi waktu yang singkat (harian) atau agak lama (semesteran) dan lain-lain. Data jenis ini sering mengalami peremajaan (updating) data. Contoh data tersebut seperti data tabungan, data gaji, data kepangkatan, data nilai siswa, IPK mahasiswa, data keuangan dan sebagainya.
 3. Proses Pengolahan Data Sistem Informasi Dalam Bidang Pendidikan


    sistem informasi manajemen yaitu suatu metode yang menghasilkan informasi yang tepat waktu bagi manajemen tentang lingkungan eksternal dan operasi internal sebuah organisasi, dengan tujuan untuk menunjang pengambilan keputusan dalam rangka memperbaiki perencanaan dan pengendalian.
Berdasarkan definisi tersebut dapat ditegaskan bahwa sistem informasi manajemen itu merupakan sebuah sistem yang memproduksi informasi yang berguna bagi kegiatan manajemen. Sistem tersebut terdiri atas beberapa komponen. Komponen pertama adalah manusia. Sistem informasi manajemen meminta adanya seseorang yang mengumpulkan data yang mencangkup data statis dan data dinamis dari siswa,pengajar/staff,kurikulum,keuangan,perpustakaan,dll serta mengolahnya menjadi informasi yang berguna. Komponen kedua adalah perlengkapan. Perlengkapan dalam sistem informasi manajemen(SIM) berbentuk perangkat lunak dan perangkat keras. Perangkat lunak dalam sistem informasi manajemen berupa proses, prosedur, atau petunjuk-petunjuk pengolahan data mentah menjadi informasi yang berguna. Sementara perangkat kerasnya berupa peralatan atau mesin (seperti computer dan kalkulator) yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.Sistem Informasi Manajemen Pendidikan digunakan oleh penggunanya sebagai alat bantu pengambil keputusan dan oleh pihak lain yang tergabung dalam inter-organizational information system sehingga organisasi pendidikan dapat berinteraksi dengan pihak intern pendidikan yang mencakup siswa,guru/staff,dan diknas serta pihak extern pendidikan yang mencakup masyarakat umum.  
4. Informasi Yang Dihasilkan Dari Sistem Informasi Dalam Bidang Pendidikan


1.    Koneksi dan setting, misalnya identitas sekolah, setting tahun ajaran, setting kurikulum, koneksi database, dan format tanggal.

2.    Pengelolaan Kesiswaan, misalnya pengelolaan biodata masing-masing siswa, beasiswa, kasus kedisiplinan,  prestasi, perpindahan siswa, sampai pengelolaan data alumni.

3     Pengelolaan Akademik, misalnya laporan nilai hasil ujian secara periodik, data nilai KTSP, data nilai KBK, data absensi, data bimbingan dan penyuluhan, data kasus siswa, rencana pengajaran, pengelolaan mata pelajaran, penjadwalan, dan prestasi akademik.

4.    Pengelolaan Guru dan Karyawan, misalnya manajemen biodata guru dan karyawan, riwayat pendidikan, pendidikan tambahan (kursus, training, seminar, workshop dsb).

5     Pengelolaan Keuangan, misalnya manajemen pembayaran biaya pendidikan, administrasi dana BOS (Bantuan Operasional Sekolah) dan penggunaannya, biaya tambahan (biaya praktikum, biaya ekstra, dll).

6.    Pengelolaan Perpustakaan, misalnya pengelolaan buku (judul, kategori dan deskripsi), status keanggotaan dan peminjam, stock inventory, jurnal keluar masuk buku, dan laporan-laporan lainnya.

7.    Pelaporan, misalnya pelaporan siswa (induk siwa, kesehatan, periksa kesehatan, biasiswa, kasus, dan bimbingan) seluruh siswa, pelaporan dosen/pegawai (induk pegawai, bidang pengajaran), rencana pengajaran, nilai, kelulusan.


    5. Manfaat dari Informasi yang Dihasilkan Sistem Informasi dalam Bidang Pendidikan
        Manfaat yang dapat dirasakan dari sistem informasi dalam dunia pendidikan adalah :
1.      Sistem pengelolaan kesiswaan ,manfaatnya para siswa dapat melihat informasi tentang biodata siswa,beasiswa,kasus kedisiplinan,prestasi,dan lain sebagainya. 
2.   Sistem Pengelolaan akademik ,manfaatnya para siswa,guru,dan staff dapat melihat informasi mengenai data nilai,data absensi,data prestasi akademik,dan lain sebagainya. 
3.   Sistem pengelolaan guru dan staff,manfaatnya guru dan staff dapat melihat informasi tetntang biodata guru dan staff.,riwayat pendidikan ,dan lain sebagainya.
4.   Sistem pengelolaan keuangan ,manfaatnya dapat mengakses biaya pendidikan,biaya tambahan(biaya praktikum),dan lain sebagainya. 
5.   Sistem pengelolaan perpustakaan ,manfaatnya dapat melihat informasi mengenai data buku(judul,pengarang,dan deskripsi),status peminjam,stock inventory,dan lain sebaginya.

6. Pengetahuan yang Didapat dari Sistem Informasi dalam Bidang Pendidikan
Sistem informasi dalam bidang pendidikan merupakan perpaduan antara sumber daya manusia dan aplikasi teknologi informasi dalam memilih, menyimpan, mengolah, dan mengambil kembali dalam rangka mendukung kembali proses keputusan bidang pendidikan.
Penerapan sistem informasi di dunia pendidikan bertujuan untuk membantu memudahkan mengolah data-data dan informasi yang berkaitan dengan sekolah/kampus meliputi penerimaan siswa baru, nilai-nilai, akademis, dan informasi lainnya. Juga merupakan media interaktif siswa agar mampu menggunakan teknologi.Jadi secara keseluruhan pengetahuan yang kita dapatkan dari sistem informasi dalam bidang pendidikan yakni pengetahuan bagaimana mengolah data yang jumlahnya tidak sedikit bisa diolah dengan mudah menggunakan software dan hardware agar menjadi informasi yang berguna.Selain itu pengetahuan lain yang kita dapatkan antara lain:
1.      Pengetahuan tentang cara mengumpulkan data,
2.      Pengetahuan tentang cara mengelompokkan data,
3.      Pengetahuan tentang cara menghitung dan menganalisa data,
4.       Pengetahuan tentang cara menyajikan laporan data.
 Referensi


 


 



Komentar

  1. Tipster - Tiotanium-ART - Tiotanium-ART - TITNIC ART
    TIOTIUM ART. titanium jewelry Tiotium Art. Tiotium Art. titanium wheels TIOTIUM ART. TITNIC ART. Tiotium titanium metal ART. TITNIC ART. TITNIC ART. Tiotium gaggia titanium ART. TITNIC ART. Tiotium ART. TITNIC ion chrome vs titanium ART. Tiotium ART.

    BalasHapus

Posting Komentar